Kamis, 30 Agustus 2018

Keunggulan Blinked, Media Sosial Terdesentralisasi yang Menguntungkan Pengguna


Blinked - seperti kita bahas sebelumnya, merupakan platform media sosial dengan teknologi blockchain. Sudah sedikit terbayang ya apa yang akan terjadi jika medsos memakai teknologi ini? Jika Anda belum mengenal Blinked, bisa lihat ulasan saya sebelumnya Blinked – Platform Media Sosial EraBlockchain.

Istilah khusus dalam Blinked ada yang namanya “a blink” yaitu rekomendasi yang dibuat para penggunanya. Rekomendasi ini berupa orang, produk, tempat, acara, layanan, teknologi, dan sebagainya. A blink ini akan muncul pada umpan balik teman, dan bisa disukai atau dikomentari.

Keunggulan Blinked dibandingkan Platform Media Sosial Terpusat

1.       Pengguna mendapatkan bayaran
Kita tahu, bahwa informasi yang berharga memang layak dihargai, sekalipun setiap orang yang memberikannya memang melakukan itu dengan sukacita. Namun, setidaknya akan sangat menarik dan menghargai waktu yang dialokasikan pemberi informasi yang berkualitas ini dalam bentuk bayaran.  Terlebih lagi, misalnya sebuah ulasan tentang sebuah Hotel yang sangat menguntungkan pemilik hotel, namun mengambil waktu pemberi rekomendasi tentunya sangat disayangkan jika yang merekomendasikan ini tidak mendapatkan apapun. Meskipun ada beberapa platform yang memonetisasi kontribusi penggunanya seperti facebook, intagram, snapchat, TripAdvisor, dan lain-lain, namun tidak ada kompensasi bagi artikel pengguna.

Di Blinked, pengguna dibayar untuk rekomendasi sekaligus konten mereka. Caranya, ada sebuah dokumen khusus yang diberikan Blinked kepada penggunanya, namun  bukan diminta untuk membeli aset digital atau apapun yang berkaitan dengan isi dokumen itu. Contoh Pengguna A diminta untuk merekomendasikan sebuah produk baru berupa charger yang mampu mengisi penuh daya baterai smartphone dalam 60 detik. Dengan aktivitas ini, pengguna A mendapatkan imbalan dari Blinked di Blinked Gold (BGZD) dan mendapat tip juga dari pengguna lain jika rekomendasinya bermanfaat melaui aktivitas komentar. Semakin banyak respon, semakin banyak pula yang dihasilkan pengguna A.

1.       Pengguna mendapatkan kompensasi dari iklan
Biasanya di media sosial terpusat seperti facebook, penghasilan dari iklanhanya diambil oleh perusahaan saja. Aktivitas pengguna dalam melihat iklan tidak mendapatkan apapun. Berbeda halnya di Blinked, pengguna diberi insentif hanya dengan menonton iklan.

Kita tahu bahwa iklan seringkali dianggap sebuah “gangguan” karena tujuan kita bermedia sosial bukan untuk belanja atau menerima informasi bisnis. Kecuali jika iklan itu benar-benar menarik dan apa yang diiklankan memang benar-benar barang atau jasa yang kebetulansangat dibutuhkan. nah, Blinked sepertinya tahu betul keadaan itu, sehingga pengguna dibayar untuk melihat iklan sampai 90% dari semua advenue di Blinked. Bisa dikatakan ini merupakan perubahan besar dalam memperlakukan pengguna, dengan demikian pengiklan dan pengguna menjadi sejajar peran dan bagiannya.

2.       Data Pengguna Aman karena teknologinya berbasis Blockchain
Media sosial seperti facebook adalah contoh platform terpusat, di mana data pengguna dimiliki oleh Mark Zuckerberg. Bukan berarti mencurigai pemilik media sosial ini, namun bagaimanapun data yang menarik dalam sebuah teknologi terpusat sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan dan diperjual belikan.

Berbeda jika memakai teknologi blockchain, integritas sistem dijamin keamanannya. Kondisi ini akan terhindar dari tangan-tangan jahat yang memiliki kemampuan untuk mengambil keuntungan dari data pengguna dan menjualnya kepada pihak ketiga. Lalu, bagaimana aktivitas sosial terjadi tanpa adanya sistem terpusat? Jelas bisa,karena algoritma dalam teknologi blockchain secara otomatis akan mencocokkan pengiklan dengan pemorsa berdasarkan aktivitas pengguna.

3.       Blinked tidak memerlukan biaya mahal untuk menggunakan pihak ketiga dalam menganalisi pemirsa.
Biasanya analisis kampanye iklan dalam media sosial terpusat memerlukan pihak ketiga agar iklan tepat sasaran yang biaya analisisnya saja mahal dan tergolong relatif rumit. Secara tidak langsung hasil outsourching nya juga mau tidakmau harus dipercayai, demi menyalurkan iklan kepada oran-orang yang tepat. Mulai dari tarif terbuka, rasio klik tayang,tayangan, demografi, dan sebagainya lumayan rumit dan kadang-kadang bahkan pada akhirnya hasil iklan tidak memuaskan juga. Setidaknya itu pengalaman pribadi saya.

Dengan menggunakan blockchain, Blingked memilikikeunggulan karena tidak memerlukan pihak ketiga dalam analisis pemirsa yang mahal dan rumit. Pengguna akan dengan langsung menjangkau pengguna lain yang relevan dengan konten iklannya. Misalnya iklan mobil akan secara langsung diberikan kepada pengguna yang selalu menyajikan konten otomotif, iklan film akan diberikan kepada orang yang selalu mengupdate rekomendasi film yangbaru saja dia tonton.

Selain itu, orang yang melihat iklan juga dibayar! Di sinilah keunggulan yang besar menurut saya, karena dengan demikian iklan akan lebih progrsif dan kampanye iklan jauh lebih terkonsentrasi dan efektif karena sasaran iklanpun sengan sukacita melihat dan menonton tayangan iklan.

4.       Rekomendasi di Blinked dilakukan oleh pengguna terpercaya
Bagaimana Blinked menjamin itu? Belinked dengan teknologi blockchainnya  mampu melakukan verifikasi terhadap penggunanya sehingga para pengguna benar-benar mengatakan atau melakukan rekomendasi sesuai apa yang mereka sukai. Jika pengguna merekomendasikan restoran, artinya dia sudah diverifikasi oleh Blinked bahwa dia pengguna yang setidaknya menyukai makan dan kuliner.  Jadi, ada transparansi penuh, siapa pengguna itu adalah apa yang ia katakan.

Dengan begitu, tidak akan ada kerugian biaya pengiklan karena ulasan palsu seorang pengguna dan menyasar orang-orang yang tidak tepat. Platform Blinked akan menjamin pengguna mengikuti orang-orang yang tulus dengan passion dan hal-hal yang benar-benar mereka sukai.

5.       Platform Blinked memberikan ruang untuk merekomendasikan apa saja
Biasanya sebuah platform hanya akan memberikan batasan untuk merekomendasikan sesuatu hanya mencakup makanan, tempat makan, perjalanan, hiburan, televisi, fashion, kosmetik, atau tema apa saja yang hanya ditentukan oleh platform tersebut. Namun, kini di Blinked rekomendasi  tidak terbatas hanya topik tertentu. Bisa saja Anda memberikan rekomendasi berupa acara konser, orang, layanan, teknologi, dan lain-lain sehingga bisa dikatakan Blinked memiliki ruang tak berujung.

 Menarik bukan? Kini saatnya bermedia sosial yang punya prospek bisnis. Kita bisa membagikan hal-hal yang kita sukai, sekaligus mendapatkan imbalan dari sana. Buat Anda yang tertarik bisa mengunjungi link di bawah ini:
Perkenalkan pula, penulis dalam Bitcointalk
ETH :  0x23F5bADD1ABd047f0Dc93D71961BC2ed0C9f7Af8 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar