Minggu, 02 September 2018

Atomic Swaps Wallet – Transaksi Aman, Ramah Pengguna dengan Sistem Omnichannel

sumber gambar: https://twitter.com/atomicwallet 
Atomic Swaps Wallet - Kecanggihan teknologi blockchain sudah tidak diragukan lagi. Prospeknya sangat luas dan serbaguna terutama dalam mendongkrak kemajuan industri. Namun, kecanggihannya ini dipandang masih tahap awal karena belum bisa digunakan pengguna umum di pasar keuangan. Atomic Wallet secara radikal mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menghadirkan platform yang digunakan untuk perdagangan cryptocurrency yang bebas custody, transparan, dan kekal. Platform Atomic wallet ini dirancang supaya sangat sederhana dalam menghubungkan pembeli dan penjual  secara cross-blockchain yang terdesentralisasi.

Teknologi wallet ini saya kira sangat menarik, sehingga sangat bagus diikuti oleh para investor. Info selengkapnya mengenai ICO, bisa Anda lihat artikel saya Atomic Wallet ICO

Jadi, Apa itu  Atomic Wallet?
Atomic Wallet adalah tempat pertukaran aset digital yang terdesentralisasi menggunakan teknologi blockchain, dirancang serbaguna dan sederhana termasuk untuk perdagangan cryptocurrency bebas custody. Bergeser sedikit, buat yang belum familiar dengan istilah custody, sebenarnya sudah sering saya singgung di blog ini, yang tidak lain artinya “pihak ketiga”. Dalam berbagai sumber, custody diartikan sebagai lembaga yang menyimpan surat atau dokumen penting dengan tujuan supaya memudahkan urusan transaksi di kemudian hari.

Dalam hal ini, Atomic Wallet bebas custody karena berbasis blockchain. Platformnya dirancang dengan mesin eksklusif yang unik, yang khusus untuk mengerjakan tugas-tugas spesifik. Manajemen Atomic Wallet menyediakan layanan in demand yang kuat, sehingga mengurangi waktu pengguna untuk mengelola aset crypto, menjadikan transaksi yang transparan dan terbangun kepercayaan. 

Adapun operasi yang dapat dilakukannya di antaranya:
1. Pengguna dapat menerima aset crypto ke wallet (dompet) yang dihasilkan
2. Dapat mengimpor aset ke dalam dompet dengan menggunakan kunci pribadi dari berbagai format yang ada
3. Dapat menyimpan kunci pribadi dalam ruang dengan enkripsi yg menjamin keamanan
4. Bisa mengirim aset ke alamat lain
5. Bisa memilih node cryptocurrency yang akan digunakan
6. Bisa memilih dan menggunakan alat penjelajah blockchain

Atomic Wallet menggunakan SPV (Simplified Payment Verification) atau verifikasi pembayaran sederhana, sehingga menghindari proses sinkronisasi blockchain yang berkepanjangan, sekaligus menjaga keamanan dari kondisi full node wallet. Artinya kondisi dimana program memvalidisasi transaksi dan pemblokiran secara penuh.  Sederhananya, sistem secara otomatis hanya mengurus transaksi yang diperlukan saja dalam waktu singkat.

Awap Atom (Atomic Swap)
Transaksi berbasis blockchain yang kita ketahui tidak memerlukan pihak ketiga. Namun Swap Atom dirancang untuk menjadi pihak ketiga dalam Atomic Wallet. Tujuannya adalah mengatur kontrak transaksi antara pengguna, karena dalam transaksi pararel biasanya ada pihak yang tidak menghormati akhir perjanjian.

Bagaimana cara kerja teknologi Swap Atom?
Misalnya pihak pertama atau sering disebut “inisiator” ingin menjual koin B ditukar dengan koin A yang ada pada pihak lain atau disebut “peserta”. Inisiator kemudian mengalokasikan jumlah koin B dan membuat sejumlah kontrak yang dibungkus dalam dokumen “rahasia”. Peserta tidak akan dapat mengeluarkan uang dari kontrak koin B sampai ia mengetahui rahasia tersebut.

Kemudian peserta juga membuat kontrak di koin A dengan cara yang sama dengan yang dilakukan inisiator pada koin B. Untuk membuat kontrak, peserta membutuhkan hash kriptografi rahasia inisiator, yang mana inisiator tidak dapat mengakses kontrak tanpa mengungkapkan rahasia kepada peserta. Proses transaksi akan berlaku kemudian jika keduanya mengungkapkan rahasia nya. Nanti jika maksimal 1 jam tidak ada yang menerima transaksi masing-masing, maka otomatis koin akan dikembalikan ke dompet masing-masing.

Ilustrasi ini sebenarnya masih terlalu singkat. Kita bisa lihat proses teknologi Swap Atom melalui gambar visual berikut ini:

Proses Eksekusi Swap Atom

Aplikasi Platform Omnichannel
Atomic Wallet dirancang supaya benar-benar terdesentraslisasi namun sangat aman. Aplikasinya dapat diakses pangguna dari perangkat apapun yang dia miliki. Atomic Wallet ini mendukung banyak platform, yaitu : Microsoft Windows, MacOS, Ubuntu, Debian, Fedora. Rencana selanjutnya juga akan mendukung web yang beerbasis Javascript, seluler mencakup IOS dan Android, juga plugin pramban mencakup Chrome dan Firefox.

Analisis Kompetitif
Pratinjau Atomic Wallet
Atomic Wallet atau Dompet Atom dibuat lebih aman dan penggunaan yang ramah pengguna, juga pengalaman pemakaian yang lebih baik. Ada beberapa contoh screenshot antarmuka Atomic Wallet versi Alfa :

Layar Utama


Antarmuka Pengguna Atomic Wallet: Overview Wallet
Antarmuka Pengguna Atomic Wallet: Pengaturan tampilan aset Blockchain
Exchange

Pertukaran kurs tetap melalui kemitraan layanan pertukaran instan
Exchange. Peroses Pertukaran Swap Atom
Dompet Atom didistribusikan ke layar Orderbook
Proses Eksekusi Taker
Security

Pengelolaan Kunci Pribadi
Dengan adanya Atomic Swaps Wallet menambah referensi platform pertukaran yang semakin terpercaya. Kunci utamanya adalah keamanan dan kemudahan saat digunakan oleh semua, mulai dari profesional hingga pengguna yang masih awam sekalipun. Atomic Swap Wallet mengambil posisi itu! 

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa kunjugi link berikut ini: 

Penulis : pentol86
ETH : 0x23F5bADD1ABd047f0Dc93D71961BC2ed0C9f7Af8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar