Tuesday, January 29, 2019

VANTA – Konektivitas TakTerbatas dan Jaringan Terdesentralisasi Masa Depan



VANTA – Perkembangan teknologi semakin canggih dan pesat dari waktu ke waktu, khususnya teknologi informasi. Berkat kecanggihan teknologinya menjadikan aktivitas sehari-hari semakin dimudahkan. Tidak heran jika komunikasi dan data real-time (saat itu juga) semakin meningkat secara eksponensial. Kebutuhan trasfer dan proses data lebih banyak dan berkembang pesat. Bisa kita lihat contohnya dalam streaming siaran dan  panggilan video ­high-definition. Selain contoh kecil itu, sektor pendidikan, hiburan, trasnportasi, sistem dukungan medis, sistem informasi lalu lintas, hiburan, dan lain-lain juga memanfaatkan transmisi dan pemrosesan data real-time dari berbagai sendor IoT (Internet of Things), yang menghasilkan ratusan ribu titik data per detiknya.  

Apa itu VANTA?
VANTA merupakan jaringan terdesentralisasi untuk konektivitas real-time, aman, dan privat. VANTA memiliki tujuan untuk menjadi jaringan terdesentralisasi pertama di dunia sehingga pengembangan dan pengoperasian layanan skalabel menjadi cepat dan murah dan menyediakan konektivitas tanpa batas. VANTA juga bertujuan untuk memberikan solusi bagi masalah sehari-hari yang  akan dioptimalkan untuk transmisi data real-time, sehingga memberikan konektivitas tanpa batas di antara semua orang, antara perangkat dan informasi, termasuk menciptakan berbagai peluang baru untuk bisnis.

Teknologi jaringan real-time ini mencakup berbagai bidang yang mana dapat digunakan untuk pengiriman pesan, transfer file baik berupa suara maupun panggilan video, streaming video real-time dengan skala besar, dan mentransmisikan juga memproses berbagai data real-time yang dikumpulkan dari sensor IoT. Selain mengatasi masalah ini melalui blockchain VANTA, VANTA juga akan menyediakan dan memperluas solusi jaringan telekomunikasi bagi tingkat perusahaan untuk bisnis dan pelanggan perusahaan.

VANTA menggunakan ekonomi blockchain dan crypto yang dirancang untuk jaringan real-time, dan  tanpa bergantung pada sistem dan jaringan tradisional yang terpusat. Sistem ini kemudian menghasilkan jaringan berbasis blockchain fungsional yang murah. Siapa pun dapat berpartisipasi dan menggunakan jaringan dengan menggunakan API, SDK, atau modul untuk diintegrasikan dengan aplikasi atau platform yang digunakan. Oleh karena itu, VANTA dapat dengan mudah memperluas ekosistem melalui modul yang mengintegrasikan aplikasi dan platform yang membutuhkan jaringan real-time.  

Bagaimana Potensi Pasar VANTA?
Ada dua pasar yang berkaitan dengan pemasaran VANTA, yaitu video streaming dan pemrosesan data IoT.

Streaming Video
Menurut penelitian pasar global Research and Markets, pasar streaming video pada 2016 senilai $ 30,29 miliar USD dalam pendapatannya. Jumlahnya diperkirakan akan berlipat ganda pada 2021 menjadi $ 70,05 miliar USD. Cisco dalam hal ini juga memperkirakan video online akan menyumbang 82% dari lalu lintas di dunia  internet pada tahun 2022. Adapun secara khusus, pasar streaming video "real-time" yang disediakan oleh Facebook Live, layanan penyiaran olahraga Twitter, dan layanan penyiaran video seperti akun YouTube dan Hulu hanya 3% dari lalu lintas video internet pada 2017. Tetapi diperkirakan akan tumbuh lebih dari empat kali menjadi 13% pada tahun 2022. Akibatnya permintaan konsumen untuk bandwidth dan video berkualitas lebih tinggi akan meningkat secara dramatis. Secara tidak langsung, masalah akan terjadi pada transfer data jadi tidak efisien dan biaya mahal penggunaan server terpusat akan meningkat secara signifikan.

Streaming dan Pemrosesan data IoT
IoT atau Internet of Things adalah suatu konsep di mana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentrasfer data lewat jaringan tanpa membutuhkan interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Misalnya seperti mobil yang bisa mengemudi sendiri tanpa dikemudikan manusia. Peran manusia hanyalah sebagai pengontrol saja. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat lihat dalam video berikut ini (sumber: https://www.dewaweb.com/blog/internet-of-things/ )

Menurut sebuah perusahaan riset pasar bernama Statista, ukuran industri IoT akan tumbuh sebesar 24,4% per tahun dan akan menjadi $ 1,7 triliun USD pada tahun 2019. Gartner bahkan mengharapkan perangkat IoT global tumbuh hingga 20 miliar pada tahun 2020. Adapun BMI Research memperkirakan bahwa pada tahun 2050 setidaknya  akan ada 40 miliar "things" atau benda akan terhubung ke Internet. Dengan demikian, akan banyak hal terhubung di tengah masyarakat sehingga pasar IoT ini akan meningkat secara dramatis. Oleh karena itu, akan lebih banyak data akan dihasilkan secara real-time oleh berbagai perangkat IoT, individu dan perusahaan yang ingin menerima data real-time meningkat secara signifikan. Kondisi ini menyebabkan perangkat IoT pada server terpusat yang mengirimkannya kepada pengguna akan menemui kendala throughput dan juga biaya.

Maka, kehadiran VANTA adalah peluang bagi jaringan cerdas untuk diintegrasikan ke dalam perangkat dan layanan IoT. VANTA dalam hal ini akan memungkinkan untuk secara andal dan efisien mengirimkan data yang dihasilkan oleh perangkat IoT yang  terbatas sumber dayanya  ke lebih banyak perangkat.

Manfaat Menggunakan VANTA
Dengan VANTA, layanan jaringan real-time dapat ditingkatkan, stabil, dan sangat aman dengan biaya yang rendah. Pengembang dapat dengan cepat dan murah mengembangkan kemampuan jaringan real-time berbasis VANTA tanpa harus membangun server terpisah atau mengembangkan jaringan real-time dari awal. Pengembang dalam hal ini dapat memanfaatkan  sumber daya jaringan VANTA dengan token VNT. Hal ini tersedia tanpa biaya, kecuali ada sedikit biaya ketika token VNT dirilis. Jika pengembang tidak memiliki cukup token VNT, mereka memiliki pilihan untuk membuat kebijakan yang mengharuskan pengguna akhir melampirkan token VNT kepada semua atau sebagian dari penggunaan sumber daya mereka sendiri. Dengan kata lain, pengembang dan pengguna dapat membagikan token VNT yang digunakan untuk menjalankan layanan. Ini secara signifikan akan mengurangi biaya pengembangan dan pengoperasian layanan yang terkait dengan jaringan waktu nyata.

Dengan memberikan keunggulan ini kepada pengembang, VANTA dapat menciptakan lingkungan pengembangan yang membantu pengembang dalam membangun layanan yang berguna bagi pengguna akhir. Jaringan juga dapat menghasilkan fleksibilitas untuk pengembangan layanan sehingga aplikasi lebih kreatif dan inovatif serta tidak terikat dengan desain model bisnis.

Distribusi Token VANTA
VANTA meluncurkan  56,2 miliar token VANTA (VNT). Sebanyak 35% akan dirilis melalui penjualan token. Sedangkan 10% token akan diberikan kepada tim yang merupakan kontributor inti untuk VANTA Network. Sebagian besar bagian dari anggarannya akan didedikasikan untuk pengembangan untuk optimalisasi kinerja dan pengembangan fungsi lebih lanjut. Token VANTA (VNT) akan didistribusikan sebagai berikut:
Untuk informasi lebih detail, Anda dapat kunjungi link berikut ini:
Penulis
Profil : https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=843467

No comments:

Post a Comment